DANLANTAMAL III JAKARTA HADIRI UPACARA HUT KE-79 TNI ANGKATAN LAUT TAHUN 2024

 

TNI AL-Dispenlantamal3. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. menghadiri upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 TNI Angkatan Laut tahun 2024 dengan Inspektur Upacara (Irup) Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.SI., dihadiri Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid, B.Eng., M.I.P., Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., Kasal Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., dan Kasau Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono, S.E., M.M., serta Kasal dari masa ke masa, bertempat di KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat (RJW)-992 yang berlayar di perairan Jakarta, Selasa (10/09/2024).

Panglima TNI dalam amanatnya mengatakan “Apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya saya berikan kepada seluruh prajurit TNI Angkatan Laut atas profesionalitas, dedikasi, dan militansinya dalam setiap pelaksanaan tugas. Rakyat dan bangsa Indonesia bangga memiliki Angkatan Laut yang profesional dan modern sebagai penjaga kedaulatan bangsa dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia serta pelindung bangsa Indonesia dari segala ancaman dan gangguan khususnya di wilayah laut Indonesia. Upacara hari jadi ke-79 TNI Angkatan Laut tahun 2024 ini menjadi sangat istimewa karena untuk pertama kalinya digelar di atas KRI produksi dalam negeri. Sehingga saya menilai tema hari jadi tahun ini adalah tepat, yakni ”Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe, TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Nusantara Baru Indonesia Maju”. Momentum bersejarah ini melambangkan transformasi organisasi TNI Angkatan Laut menuju organisasi yang semakin modern dan mampu beradaptasi dengan perkembangan lingkungan strategis yang dinamis”.

Selanjutnya Panglima TNI menjelaskan “Kita juga patut bersyukur bahwa di tengah berbagai situasi yang sulit ini, TNI Angkatan Laut selalu hadir dan mampu menunjukkan kapabilitasnya untuk mendukung pemerintah dalam berbagai misi perdamaian dunia, penanggulangan bencana alam, dan khususnya mobilisasi laut untuk misi mulia pengiriman bantuan kemanusiaan ke Palestina. Kondisi global dan regional secara langsung maupun tidak langsung akan memberikan dampak pada negara kita. TNI Angkatan Laut sebagai simbol kejayaan kekuatan laut nasional hendaknya dapat bersikap adaptif terhadap segala perkembangan lingkungan strategis, termasuk teknologi yang menyertainya demi keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Berkaitan tahun 2024 ini yang merupakan tahun politik menuju pemilihan kepala daerah serentak bulan November nanti, dan tidak bosan-bosan saya mengingatkan kembali kepada segenap prajurit TNI Angkatan Laut untuk menjaga komitmen Netralitas TNI yang merupakan kehendak rakyat Indonesia”.

(Dispen Lantamal III Jakarta)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *