Bakamla RI Dukung Penuh Keamanan Pilkada Serentak 2024 Melalui Jalur Laut

 

Bernasindo.com, Jakarta, 10 September 2024 (Bakamla RI/Indonesian Coast Guard)___ Bakamla RI mendukung penuh pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 dengan fokus pada keamanan distribusi logistik melalui jalur laut, khususnya untuk pulau-pulau kecil di berbagai wilayah Indonesia. Hal tersebut disampaikan dalam kegiatan Forum Tematik Bakohumas bersama Polri di salah satu hotel Jakarta Selatan, Selasa (10/9/2024).

Keterlibatan Bakamla RI dalam proses ini menjadi bukti nyata komitmen instansi dalam menjaga stabilitas dan keamanan negara, terutama dalam momen penting seperti Pilkada Serentak 2024.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko saat membuka acara mengatakan Pilkada menjadi tonggak penting dalam agenda demokrasi indonesia dimana masyarakat secara langsung memilih pemimpin untuk daerah mereka.

Namun setiap Pilkada tidak hanya ajang politik, tetapi juga menguji kestabilitas keamanan suatu daerah. Polri sebagai garda terdepan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat memiliki peran sentral untuk memastikan bahwa proses Pilkada berjalan lancar, aman dan kondusif.

“Tahun 2024 menandai momen krusial bagi Polri menghadapi pilkada dimana tantangan keamanan semakin kompleks dengan adanya dinamika sosial dan politik yang berkembang sangat cepat,” ujarnya.

Trunoyudo menjelaskan, untuk mengantisipasi berbagai potensi ancaman, Polri telah menyiapkan strategi yang terukur. Salah satu pilar strategi ini adalah penguatan pengamanan sejak tahap pra Pilkada, dimana dalam tahap Pilkada yang pernah dilaksanakan sering muncul konflik antar pendukung calon, penyebaran hoaks dan potensi gangguan keamanan lainnya.

Melalui upaya kolaboratif dengan berbagai pihak terkait, lanjut Trunoyudo, Polri menunjukan komitmen yang kuat menghadirkan proses demokrasi yang berkeadilan, aman dan bermartabat bagi seluruh masyarakat indonesia pada saat Pilkada nanti.

“Saya berharap kegiatan ini dapat dijadikan momentum untuk terus memperkuat hubungan antara Polri dan semua pihak kementerian, lembaga, badan dan stakeholders lainnya,” ucapnya.

Turut hadir 101 kementerian lembaga pemerintah dalam acara tersebut. (Humas Bakamla RI)

Autentifikasi : Pranata Humas Ahli Muda Kapten Bakamla Yuhanes Antara, S.Pd
Foto-foto : Humas Bakamla RI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *