Rail Clinic Hadir Kembali, KAI Beri Layanan Gratis Untuk Masyarakat Stasiun Daru

 

Bernasindo.com, Daru – PT KAI memberikan layanan Rail Clinic kepada masyarakat secara gratis untuk membantu daerah yang sulit dijangkau kendaraan menghadirkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dr. Achmad Muchlis, Dirjianstraop Seskoal TNI AL Kolonel Laut Jales Jamca Jayamahe, Kasatkes Seskoal TNI AL dr. Landosar Parsaulian Sp. Anestesi, Camat Jambe Chaidir dan jajaran Muspica di Stasiun Daru pada Selasa, 5 September.

Sebelumnya Daop satu ini sudah berada di tiga pulau jawa, Banyuwangi, Purwakarta, dan di Stasiun Daru.

Setelah 3 tahun sempat tidak dilaksanakan karena dampak pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia termasuk Indonesia. Kali ini, pelayanan kesehatan gratis Rail Clinic hadir di Stasiun Daru, Desa Daru, Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang, Banten.

Deputy Bidang Pelayanan dan Komersial Daop satu Jakarta Ali Afandi menjelaskan, Rail Clinic ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap masyarakat, terutama yang berada di wilayah kerja KAI Daop satu Jakarta.

KAI Daop satu Jakarta berharap semoga kegiatan Rail Clinic dapat meningkatkan taraf kesehatan masyarakat, serta menambah pengetahuan dan kesadaran tentang pentingnya menjaga kesehatan dan berkolaborasi menjaga keselamatan perjalanan kereta api melalui sosialisasi yang juga diberikan dalam kegiatan.

“Tim Unit Kesehatan PT KAI Daop 1 Jakarta bekerjasama dengan tenaga kesehatan, bidan dan dokter TNI AL, Rumah Sakit Provider dan Puskesmas Daru. Secara total, Rail Clinic di Daru kali ini menargetkan dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada 300 orang, dimana sebelumnya telah dilakukan pendataan dan pendaftaran kepada masyarakat,” kata Daputy saat di Stasiun daru pada Selasa, 5 September 2023.

PT KAI menyiagakan tim kesehatan di Stasiun Daru sebanyak 29 personil, terdiri dari 4 dokter umum, 1 dokter gigi, 1 dokter kandungan, 2 bidan, 2 tenaga optik, 2 tenaga laboratium, 15 perawat umum, dan 2 apoteker.

Selain pelayanan kesehatan gratis, akan dibagikan pula 22 kacamata gratis kepada siswa SDN 1 Daru dan PT KAI Daop 1 Jakarta menghadirkan Rail Library yang terangkai menjadi satu rangkaian Rail Clinic Generasi 4.

Dalamnya terdapat perpustakaan manual dengan beragam buku untuk anak – anak dan juga pengetahuan umum untuk dewasa. “Masyarakat yang ingin menambah berbagai pengetahuan dengan membaca dapat mengunjungi kereta ini secara gratis. Selain buku/buku, juga tersedia berbagai fasilitas modern seperti e-library atau perpustakaan digital berupa enam buah monitor layar sentuh dengan database berbagai bacaan, video edukatif, dan lagu anak – anak,” kata dia.

Berbagai layanan yang didapatkan oleh pengunjung Rail Clinic di Stasiun Daru antara lain, pemeriksaan kesehatan umum, pemeriksaan kesehatan gigi, pemeriksaan kesehatab ibu hamil oleh para bidan dan dr. Spesialis Obgyn, pemeriksaan laboratorium sederhana, pemeriksaan mata, serta penyuluhan kesehatan gigi dan mulut bagi anak-anak.

Selain itu ada sosialisasi tentang keselamatan perjalanan kereta api di wilayah PT KAI Daop 1 Jakarta, khususnya di lintas Tanah Abang – Rangkasbitung, serta pembagian 200 paket sembako bagi warga setempat.(waris/hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *