Sertijab Pangkoarmada III, Pangkoarmada RI: harus tanggap menghadapi tahun politik di tahun 2024

 

Bernasindo,– Jakarta, Serah Terima Jabatan (Sertijab) Panglima Komando Armada III (Pangkoarmada III), Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi menyerahkan jabatannya kepada Laksamana Muda TNI Hersan, dalam upacara yang dipimpin oleh Panglima Komando Armada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) Laksamana Madya TNI Heru Kusmanto di lapangan Arafuru, Mako Koarmada RI, Jakarta Pusat pada, Senin, 27 November 2023.

Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi selanjutnya akan menjabat sebagai Asisten Operasi (Asops) Panglima TNI. Sedangkan Laksamana Muda TNI Hersan sebelum menjabat Pangkoarmada III menjabat sebagai Sekmilpres Kemenstneg RI.

Komando Armada III (Koarmada III) merupakan kotama Koarmada RI yang mengemban tugas untuk melaksanakan pembinaan kekuatan dan sekaligus melaksanakan gelar operasi dengan wilayah kerja, meliputi wilayah Indonesia bagian timur. Bermarkas besar di Jl. Yos Sudarso Katapop, Distrik Salawati, Kab. Sorong, Papua Barat Daya.

Dalam sambutannya, Pangkoarmada RI Laksamana Madya TNI Heru Kusmanto mengatakan, Sertijab di TNI Angkatan Laut pada hakikatnya merupakan dinamika organisasi sebagai bagian dari proses pembinaan personil yang dilaksanakan secara konsisten dan berkelanjutan. “Dengan tujuan agar dari waktu ke waktu, regenerasi kepemimpinan tetap tertata dengan baik sesuai dengan Perpres 66 tahun 2019,” ujar Pangkoarmada RI.

“Selain itu, di wilayah Indonesia timur memiliki perbatasan darat dan perbatasan laut dengan beberapa negara tetangga yang tentu saja merupakan kerawanan tersendiri. Bila tidak di manage dengan baik pengamanannya dengan melihat karakter wilayah tersebut,” tuturnya.

Ia mengatakan Panglima koarmada III harus senantiasa mampu mengatasi kemungkinan munculnya ancaman potensial dan ancaman faktual. Serta harus tanggap terhadap perubahan situasi di wilayah kerjanya. “Terutama menghadapi tahun politik di tahun 2024, saya yakin dengan berbekal pengalaman penugasan, Latar belakang pendidikan, dan juga latihan latihan yang pernah diikuti. Panglima koarmada 3 akan mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik,” kata dia.

“Kita harapkan bahwa dengan proses regenerasi yang runtut yang dilaksanakan di jajaran Koarmada RI ini, membawa semangat baru bagi khususnya pembinaan personel dan juga khususnya dalam pembinaan kekuatan armada,” ujarnya saat ditemui usai upacara sertijab di lokasi yang sama.

Ia menjelaskan Armada memiliki empat komponen SSAT yaitu KRI, Pesawat udara, Pasukan atau Marinir, dan Pangkalan sebagai pendukung. “Sehingga empat elemen sebagai komponen utama armada inilah yang harus senantiasa dibina kekuatannya dengan proses pembinaan personel yang dilaksanakan secara konsisten dan berkelanjutan,” kata dia.(waris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *